Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Terhenti

Cara Mengatasi Facebook Terhenti dan Keluar Dendiri Dengan Pesan " Sayangnya, Facebook telah terhenti"





Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Terhenti - Beberapa cara  untuk mengatasi aplikasi facebook terhenti dan keluar dengan Sendiri dengan pesan "Sayangnya, Facebook telah terhenti".

Penyebab aplikasi Facebook sering terhenti di Android adalah masalah RAM. Aplikasi Facebook termasuk aplikasi berat, dalam artian membutuhkan resource RAM yang cukup banyak agar bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, aplikasi Facebook juga harus terus berjalan di latar belakang walaupun sedang tidak digunakan. Maka ketika ponsel anda sedang menjalankan banyak aplikasi lainnya, aplikasi facebook tiba tiba berhenti karena RAM ponsel anda tidak dapat menampung data-data Facebook.


Baca juga : Cara Mengetahui Orang Yang Sering Melihat Profil Facebook Kita.


Selain masalah RAM pada smartphone, penyebab lain aplikasi Facebook sering terhenti di Android yaitu oleh file Cache yang terlalu menumpuk sehingga aplikasi Facebook di smartphone menjadi lebih berat.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap aplikasi Android yang berjalan akan menghasilkan file cache yang akan tersimpan di memori internal ponsel.


jika dibiarkan file cache tersebut akan menumpuk yang bisa menyebabkan penurunan terhadap performa smartphone.

Berikut ini adalah beberapa Cara atasi aplikasi Facebook yang telah terhenti yaitu :


1. Bersihkan File Cache Aplikasi Facebook.
Cara pertama untuk mengatasi facebook terhenti yaitu dengan membersihkan cache atau data sementara di dalam aplikasi facebook. Data ini bisa berisi history pencarian, video, gambar atau data lainnya.

Cache ini akan terus bertambah semakin banyak dengan semakin seringnya Anda menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini akan membuat aplikasi jadi semakin berat dan menyebabkan masalah atau error seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Membersihkan cache sebagai salah satu cara mengatasi Facebook error di android bisa dilakukan dengan mudah yaitu :

  1. Langkah pertama, buka menu pengaturan pada ponsel Anda. 
  2. Lalu cari menu aplikasi
  3. Buka dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang Anda gunakan.
  4. Selanjutnya, temukan aplikasi Facebook. Setelah menemukannya, Anda akan melihat beberapa pilihan di dalamnya. Pilih saja 'Hapus cache' dan semua file sementara dan sampah di dalam aplikasi Anda akan terhapus.

Baca juga : Cara Mengatasi Error Facebook "login failed due to an unspecified error"



2. Hapus Data Aplikasi Facebook.
Selain dengan cara menghapus file cache atau sampah di dalam memori ponsel, cara untuk mengatasinya juga bisa dilakukan dengan cara menghapus data-data yang ada di dalam aplikasi facebook.

Data aplikasi ini lebih bersifat pribadi. Biasanya data aplikasi ini berupa informasi login akun, data akun, dan riwayat pencarian akun. Data aplikasi ini juga membuat memori penyimpanan jadi penuh. Oleh karena itulah serinng membuat Facebook jadi terhenti

Membersihkan data aplikasi juga menjadi salah satu cara cukup ampuh karena akan menghapus semua data yang memberatkan kinerja ponsel Anda secara keseluruhan.

Akan tetapi dengan menghapus data akan menyebabkan kehilangan data history pencarian bahkan ketika akan menggunakan Facebook, Anda harus login lagi.

Untuk menghapus data aplikasi facebook caranya adalah :

  1. Masuk ke menu Pengaturan .
  2. Lalu cari menu 'aplikasi' yang ada di dalamnya. 
  3. Saat sudah  masuk menu aplikasi, Cari aplikasi Facebook lalu pilih menu hapus data
  4. Selanjutnya buka lagi Facebook dan coba masuk atau login.

    3. Restart Ponsel.
    Cara selanjutnya adalah dengan merestart perangkat ponsel Anda. Cara ini sangat ampuh karena akan secara otomatis merestart aplikasi-aplikasi yang ada di dalam ponsel Anda termasuk Facebook. Merestart ponsel juga akan membuat pengaturan ponsel Anda akan direset sementara.

    Untuk merestart ponsel Anda, caranya Anda bisa menggunakan fitur restart yang pasti ada pada setiap ponsel. Setelah Anda memilih menu restart ini, ponsel Anda akan secara otomatis mati dan akan nyala dengan sendirinya.

    Selain itu Anda juga bisa merestart dengan mematikan ponsel Anda, lalu jika memungkinkan lepaskan baterai ponsel Anda dan diamkan selama beberapa waktu. Setelah itu, pasang kembali baterai dan hidupkan ponsel Anda.



    4. Update Aplikasi Facebook.
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya aplikasi Facebook sering error karena Anda tidak melakukan update atau pembaruan aplikasi. Pembaruan ini biasanya akan memberikan perbaikan pada beberapa fitur sehingga meningkatkan performanya.

    Nah, update aplikasi Facebook adalah cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android yang bisa Anda coba apabila cara-cara di atas masih belum berhasil. Cara ini juga sangat mudah.

    Caranya, Anda bisa buka fitur Play Store pada android Anda. Lalu pilih menu dengan lambang garis tiga di bagian kiri atas layar. Selanjutnya pilih menu 'aplikasi & games saya'. Disana Anda bisa menemukan aplikasi Facebook yang Anda instal.

    Terakhir lihat apakah aplikasi Anda butuh diupdate. Jika iya segera update agar aplikasi Anda bisa digunakan kembali.



    5. Instal Ulang Aplikasi Facebook.
    Apabila semua cara yang disebutkan di atas masih belum berhasil, cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginstal ulang aplikasi Anda.

    Sebelum menginstal ulang, ada baiknya jika Anda menguninstal lebih dulu aplikasi Facebook Anda. Jika sudah, unduh lagi aplikasi Facebook Anda dari Play Store dan instal ulang di perangkat Anda.



    6. Gunakan Facebook Lite.
    Kalau belum berhasil, mungkin saja masalahnya ada di HP Anda, yang mana spesifikasinya kurang memadai, atau memang RAM-nya yang sudah terlalu penuh.

    Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memakai Facebook versi lite. Dimana penggunaan RAM pada aplikasi tersebut relatif lebih kecil.



    7. Akses Facebook Via Browser.
    Apabila dengan menggunakan facebook versi lite tetapi juga sama mengalami force close atau terhenti, Anda dapat mengakses facebook menggunakan browser seoerti google chrome, opera dan browser lainnya. Supaya RAM tidak terlalu penuh hapus terlebih dahulu aplikasi Facebook atau Facebook Litenya kemudian akses facebook via browser.



    8. Reset Ponsel ke pengaturan pabrik.
    Kalau Anda tidak mau menggunakan Facbook Lite atau mengakses facebook via browser, tetapi facebook masih terhenti setelah melakukan cara-cara di atas, solusi terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan factory reset untuk HP Anda. Tujuannya adalah guna mengembalikan HP ke posisi awal, sama seperti saat HP baru dibeli. Cara ini bisa dibilang sangat efektif untuk memperbaiki masalah terhentinya aplikasi Facebook.

    Baca juga : Cara Hack Facebook di Smartphone Android.

    Masalah  Lainnya yang Sering Terjadi Pada Aplikasi Facebook


    Selain masalah aplikasi facebook terhenti, sering juga facebook mengalami masalah lainnya, diantaranya :


    • Aplikasi Facebook Tidak Bisa Dibuka. Tak jarang Facebook juga tidak bisa dibuka. Masalah ini bisa terjadi karena banyak hal, misalnya aplikasi yang belum diupdate. Penyebab lain yang juga mungkin terjadi adalah karena kapasitas RAM ponsel Anda sudah habis. Karena itu ponsel sudah tidak sanggup membuka aplikasi dengan kapasitas berat seperti Facebook. Penyebab lain yang juga sering terjadi adalah karena koneksi internet Anda lemah. Ketika koneksi internet lemah, aplikasi Facebook tidak akan bisa dibuka dan hanya loading di halaman awal saja.
    • Munculnya Pemberitahuan Error Masalah yang juga sering dialami oleh pengguna Facebook adalah munculnya pemberitahuan error di tampilan layar saat digunakan. Masalah ini tak jarang membuat aplikasi Facebook tiba-tiba berhenti saat digunakan. Penyebabnya juga bisa karena RAM yang tidak mencukupi atau aplikasi yang harus diupdate. Jika muncul pemberitahuan seperti ini, ada baiknya Anda segera menutup aplikasi dan segera perbaiki masalah yang terjadi.
    • Beranda Tidak Muncul. Masalah error lain yang juga biasa dialami pengguna Facebook adalah saat membuka Facebook, pengguna tidak bisa mengarah ke halaman beranda. Error seperti ini hampir mirip dengan error sebelumnya, yaitu proses hanya loading dan tidak bisa mengarah ke halaman beranda.



    Itulah beberapa cara untuk mengatasi  facebook yang terhenti dan juga beberapa masalah yang sering terjadi pada aplikasi facebook.







    tag: cara mengatasi facebook keluar sendiri, facebook terus berhenti di hp xiaomi, cara mengatasi facebook tidak menanggapi, cara menghilangkan tulisan sayangnya facebook telah berhenti, unfortunately facebook has stopped artinya, kenapa aplikasi gojek selalu terhenti, kenapa facebook tidak bisa login, kenapa facebook lite terhenti.

    Related Posts

    Subscribe Our Newsletter